Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Kode Referensi
*
Nama
*
Kelas
*
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Aspek
*
PELAYANAN
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI
MENGHASILKAN MAKANAN & MINUMAN
KOMUNIKASI
KEMANDIRIAN
BEKERJA
PERJALANAN MANDIRI
TRANSAKSI KEUANGAN
LITERASI
MENJAGA KESEHATAN & KESELAMATAN
Kategori / Subject Pelayanan
*
Orangtua
Keluarga
Lingkungan
Tamu
Kategori / Subject
Kategori / Subject Teknologi
*
Handphone
Sepeda
Kategori / Subject
Kategori Menghasilkan
*
Pengetahuan
Makanan Sehat
Minuman Sehat
Kategori / Subject
Kategori Komunikasi
*
Ayah & Ibu
Orang yang lebih tua
Orang yang lebih muda
Kategori / Subject
Kategori Kemandirian
*
Sandang
Pangan
Papan
Kategori / Subject
Kategori Bekerja
*
Tujuan
Profesi
Kategori / Subject
Kategori Perjalanan Mandiri
*
Dengan Sepeda
Dengan Kendaraan Umum
Kategori / Subject
Kategori Transaksi Keuangan
*
Mengenal Sejarah Uang
Mengenal Budaya Bangsa Lain dalam mengelola uang
Mengenal Bagaimana Perusahaan Mengelola Uang
Mengelola Uang
Kategori / Subject
Literasi
*
Mengenal Literasi
Membaca Kontekstual Alam
Membaca Tekstual
Literasi Anak Indonesia
Kategori / Subject
Menjaga Kesehatan & Keselamatan
*
Olah Raga
Cukup Istirahat
Membersihkan Badan
Pola Makan Sehat
Keselamatan
Kategori / Subject
Aspek Melayani Orangtua
*
Mengambilkan/membuatkan makan dan minum
Membersihkan kamar tidur/tempat tidur ayah ibu
Dapat membedakan perbuatan baik dan buruk
Dapat memperhatikan dan melaksananakan nasihat orangtua, Ayah dan Bunda serta Guru
Kategori / Subject
Aspek Melayani Keluarga
*
Saling bantu dalam urusan sehari hari
Saling mengingatkan dengan baik bila ada keluarga tidak tertib
Dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga
Kategori / Subject
Aspek Melayani Lingkungan
*
Menunjukkan alamat yang dicari dengan baik
Berbagi dengan tetangga
Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah
Dapat menolong orang yang sedang menderita di sekitarnya
Kategori / Subject
Aspek Melayani Tamu
*
Membuatkan, menyuguhkan makanan & minuman dengan cara yang baik dan sopan
Menyapa tamu
Salam dengan tamu
Menjawab sapaan tamu dengan baik
Cara duduk yang baik saat berbicara dengan tamu
Kategori / Subject
Teknologi – Handphone
*
a. Cara menelphon & menerima telephone dengan baik dan sopan
b. Cara merawat handphone
c. Merawat Handphone dengan bijaksana & sehat
d. Sejarah Handphone
e. Membuat Handphone mainan dari kaleng, dll
f. Dapat membaca jam digital dan analog
g. Dapat menyebutkan perbedaan jam digital dan analog serta dapat memperkirakan waktu tanpa bantuan alat
h. Dapat menggunakan atau mengoperasikan alat komunikasi tradisional dan modern
Kategori / Subject
Teknologi – Sepeda
*
a. Sejarah sepeda
b. Adab saat bersepeda
c. Merawat sepeda
d. "Bedah sepeda"
Kategori / Subject
Menghasilkan – Pengetahuan
*
a. Dampak makanan sehat
b. Dampak makanan tak sehat
Kategori / Subject
Menghasilkan – Makanan Sehat
*
a. Mengenal ciri ciri makanan yang sehat
b. Mengenal makanan tradisional setempat
c. Membuat makanan tradisional yang sehat
d. Membuat makanan kesukaan yang sehat
e. Mengenal Minuman Obat yang berasal dari rempah rempah
f. Mengenal minuman untuk detoks : air kelapa , susu,
Kategori / Subject
Menghasilkan – Minuman Sehat
*
a. Mengenal ciri minuman sehat
b. Mengenal minuman tradisional stempat
c. Membuat minuman tradisional yang sehat
d. Membuat minuman kesukaan yang sehat
e. Mengenal tanda tanda keracunan
f. Mengenal penyebab keracunan
g. Mengenal minuman untuk detoks : air kelapa , susu, jus buah,(nanas, mangga),infus water(lemon, timun)
Kategori / Subject
Komunikasi – Ayah Ibu
*
a. Tidak membentak/bernada tinggi
b. Mengguanakan bahasa daerah setempat
c. Adab saat berbicara dengan ayah ibu
d. Adab saat dipanggil orangtua
e. Cara berjabat tangan yang baik dengan orangtua
f. Dapat menyampaikan pendapatnya
g. Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada petugas Puskesmas/ Rumah Sakit/ Polisi
h. Dapat menyampaiakan berita secara lisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia
i. Dapat mengkritisi sesuatu masalah dan dapat bertanggungjawab
Kategori / Subject
Komunikasi – Orang yang lebih tua
*
a. Menggunakan sapaan yang baik
b. Menghormati orang yang lebih tua
c. Mengingatkan dengan cara yang baik
d. Dapat menyebutkan identitas diri
e. Dapat menyampaikan ucapan dengan baik dan sopan serta hormat kepada orangtua, sesama teman dan orang lain
f. Dapat berbahasa Indonesia dalam mengikuti pertemuan-pertemuan
g. Dapat menyebutkan setidaknya 2 macam alat komunikasi tradisional dan modern
Kategori / Subject
Komunikasi – Orang yang lebih muda
*
a. Menggunakan sapaan yang baik
b. Menyayangi dan membantu yang lebih muda
c. Tidak menghardik
d. Dapat mengajak temannya berkata dan melakukan perbuatan yang benar
Kategori / Subject
Kemandirian – Sandang
*
a. Menyiapkan Baju sendiri
b. Mencuci, menjemur, melipat/setrika Baju Sendiri
c. Menjahit sendiri baju yang robek
d. Mencuci sepatu sendiri
e. Dapat memasang kancing baju dan menyalakan kompor dengan benar dan aman
Kategori / Subject
Kemandirian – Pangan
*
a. Mengambil/menyiapkan makan sendiri
b. Membereskan tempat makan setelah selesai makan
c. Mencuci tempat makan sendiri setelah selesai makan
d. Dapat menunjukkan bahan-bahan makanan yang bergizi
Kategori / Subject
Kemandirian – Papan
*
a. Membereskan tempat tidur/kamar sendiri
b. Membereskan lemari pakaian sendiri
c. Membantu membersihkan & membereskan rumah
d. Selalu bersikap hemat cermat dengan segala miliknya
e. Dapat melipat selimut dan merapikan tempat tidurnya
f. Selalu berpakaian rapih dan memelihara kebersihan pribadi
g. Dapat menyebutkan makanan dan minuman yang bergizi (4 sehat 5 sempurna)
h. Dapat memelihara kebersihan salah satu ruangan di rumah, sekolah dan tempat ibadah atau tempat lainnya
Kategori / Subject
Bekerja – Tujuan
*
a. Mengenalkan tujuan dan misi hidup
b. Merumuskan cita cita
c. Bagaimana meraih cita cita
d. Merumuskan apa yang akan dilakukan saat meraih cita cita
e. Dapat memelihara sedikitnya satu macam tanaman bunga, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 1 bulan
f. Dapat melipat kertas yang dibentuk menyerupai pesawat, kapal, flora dan fauna
g. Dapat membuat simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul pangkal dan simpul jangkar
h. Dapat memelihara sedikitnya satu macam tanaman bunga, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 2 (dua) bulan
i. Dapat membuat satu macam hasta karya dari barang bekas
Kategori / Subject
Bekerja – Profesi
*
a. Mengenal profesi yang mereka suka
b. Berdiskusi tentang sosok idola
c. Mengenal profesi yang sesuai dengan karakter mereka
d. Mengenal profesi keluarga besar
e. Bermain peran sesuai profesi yang dipilih
f. Belajar menghasilkan uang
g. Dapat membuat hasta karya dengan dua macam bahan yang berbeda
Kategori / Subject
Perjalanan Mandiri – Sepeda
*
a. Adab Bersepeda di jalan umum
b. Menyiapkan sepeda untuk melakukan Perjalanan
Kategori / Subject
Penilaian B1
*
Disuruh
Diingatkan
Spontan
Penilaian B2
*
Diingatkan
Mengingatkan
Penilaian B3
*
Ragu-Ragu
Yakin
Penilaian A2
*
Membeli
Membuat
Menyajikan
Penilaian A3
*
Tersusun
Terkoordinir
Penilaian A4
*
Tegas
Menyindir
Sopan
Penilaian A5
*
Tuntas
Tidak Tuntas
Penilaian A6
*
Versi dirinya
Versi Orang lain
Penilaian A7
*
Komunikatif
Kurang Komunikatif
Submit